Mengenal Kayu Bengkirai dan 4 Kelebihannya

Mengenal Kayu Bengkirai dan 4 Kelebihannya, harga kayu bengkirai, jual kayu bengkirai

Mengenal Kayu Bengkirai dan 4 Kelebihannya, Tak Kalah Bagus dari Jati!

Kayu menjadi salah satu jenis material yang dipilih masyarakat untuk beberapa alasan. Antara lain meningkatkan nilai estetika hingga menciptakan kesan hangat pada bangunan. Jenis kayu seperti jati umum digunakan karena menawarkan berbagai keunggulan. Namun, tahukah Anda ada jenis kayu lain seperti kayu bengkirai yang tak kalah bagus?

Belum pernah mendengar jenis kayu ini? Penasaran juga dengan karakteristik dan keunggulannya? Anda datang ke artikel yang tepat, sebab di bawah ini terdapat informasi seputar bengkirai, meliputi profil dan kelebihan-kelebihan yang dapat dioptimalkan.

Apa itu kayu bengkirai?

Disebut juga sebagai yellow balau, kayu bengkirai (Shorealaevis) merupakan jenis kayu yang pohonnya umum dijumpai di hutan-hutan tropis. Di Indonesia, Kalimantan adalah salah satu lokasi yang ditumbuhi jenis pohon bengkirai. Sementara di kawasan Asia Tenggara, selain Indonesia, Filipina dan Malaysia menjadi negara-negara lain yang ditempati tumbuhan tersebut.

Bengkirai dapat tumbuh mencapai 40 meter dengan diameter batang sampai 120 meter. Warna kuning kecokelatan yang khas menjadi salah satu ciri yang mudah dikenali dari jenis kayu ini. Lalu saat ditebang, kayunya dapat Anda keringkan dalam waktu 12 sampai 30 hari. Penyimpanannya pun harus dilakukan dalam suhu normal, sehingga kayu dari pohon bengkirai dapat diolah menjadi berbagai keperluan.

Karakteristik berikutnya yang dapat Anda kenali dari kayu bengkirai adalah teksturnya yang bervariasi. Ada kayu yang permukaannya halus, ada juga yang sedikit kasar hingga yang tingkat kekesarannya tinggi.
Kemudian, saat disandingkan bobotnya dengan kayu jati, bengkirai ternyata lebih berat. Kendati begitu, jenis kayu ini mempunyai potensi retak lebih tinggi, sehingga harus Anda perhatikan cara pengolahan dan pemakaiannya. Perbaikan pada bingkai pun dianggap tak merepotkan.

Ketika diaplikasikan, bengkirai dapat Anda berikan woodfiller atau dempul seperti halnya dempul tembok. Anda pun tak perlu cemas, sebab langkah ini tak akan mengurangi kualitas dan kekuatan kayu tersebut.

Apa saja kelebihan kayu bengkirai?

Dengan sejumlah karakteristik yang disebutkan di atas, kayu bengkirai memberikan sejumlah kelebihan sebagai berikut:

  1. Durabilitas dan keawetan tinggi
    Berdasarkan Departemen Kehutanan, tingkat kekuatan kayu dari bengkirai masuk ke kelas I dan II atau hampir sama dengan jati. Artinya, bengkirai memiliki durabilitas yang tinggi. Faktor ini pula yang membuat bengkirai ideal digunakan untuk berbagai keperluan. Antara lain eksterior bangunan seperti atap, decking, hingga pagar.
    Sementara pada tingkat keawetan, bengkirai menempati kelas I, II, dan III tergantung umurnya. Jenis kayu ini mempunyai tingkat ketahanan prima terhadap cuaca ekstrem. Untuk itu banyak yang memilih bengkirai untuk konstruksi berat seperti bantalan rel kereta, jembatan, sampai perkapalan.
  2.  Kemudahan dalam mengolah kayu
    Seperti yang disebutkan, kayu bengkirai mempunyai bobot lebih berat dibandingkan jati. Namun, bukan berarti Anda bakal kesulitan buat mengolahnya. Kenyataannya, jenis kayu ini tak merepotkan saat hendak digunakan untuk perabot maupun bagian bangunan. Hal tersebut tak terlepas dari karakteristik kayunya yang fleksibel, sehingga mudah untuk dibentuk.
    Betapa tidak? Bengkirai dapat Anda potong, serut, bahkan ukir sesuai kebutuhan. Maka wajar bila sejumlah pengrajin kayu memfavoritkannya. Anda juga tak perlu sungkan memesan perabot seperti kayu, lemari, atau meja berbahan dasar bengkirai.
  3. Meningkatkan nilai estetika hunian
    Kelebihan lainnya yang ditawarkan kayu bengkirai adalah meningkatkan nilai estetika hunian. Sisi keindahan jenis kayu ini dapat Anda lihat dari kesan natural yang tak membosankan, tetapi juga tak berlebihan. Anda pun dapat mengaplikasikannya memakai warna cat lain atau mengandalkan warna alami dari kayu yang tak kalah mengagumkan.
    Berkat hal ini pula, bengkirai kerap digunakan untuk meningkatkan nilai estetika hunian. Baik untuk desain minimalis, modern, hingga mewah. Bengkirai juga bisa Anda jadikan sebagai lantai yang akan membuat interior rumah semakin hangat dan nyaman.

Harga kayu yang terbilang ekonomis

Anda mungkin berpikir bengkirai sama mahalnya dengan jati karena kualitasnya yang serupa. Namun, harga kayu ini ternyata relatif ekonomis alias terjangkau di pasaran. Kelebihan dari kayu bengkirai ini tentunya menguntungkan Anda yang ingin mendirikan bangunan yang awet dan tahan lama dengan bahan kayu, tetapi memiliki bujet terbatas.

Di sisi lain, Anda perlu memperhatikan pihak supplier yang menyediakan kayu tersebut. Cek dulu kualitas, warna, daya tahan, hingga sumber yang diambil pihak yang jual kayu bengkirai. Jangan sampai Anda tergoda membeli hanya karena harganya yang miring, bahkan lebih murah dari harga pasaran.

Menilai dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bengkirai termasuk jenis kayu yang tak kalah bagus dan awet dibandingkan jati atau jual kayu populer lainnya dengan harga kayu bengkirai lebih murah dari kayu jati. Semoga informasi ini membantu Anda mengenali kayu bengkirai sebelum membeli dan memakainya untuk pembuatan perabot maupun bangunan.

5/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *