Manfaat Dan Fungsi Kayu Bekisting Untuk Pondasi

Supplier Jual Kayu Racuk Berkualitas, harga kayu racuk, jual kayu racuk, Manfaat Dan Fungsi Kayu Bekisting Untuk Pondasi

Manfaat Dan Fungsi Kayu Bekisting Untuk Pondasi

Pondasi merupakan elemen penting dalam membangun sebuah bangunan, baik rumah, gedung, dan lainnya. Jual kayu bekisting menjadi material pondasi umum digunakan pada bangunan di Indonesia.

Istilah yang tidak umum ini mesti untuk anda ketahui sebagai penambah wawasan dunia arsitektur. Mari simak selengkapnya berikut ini!

Mengenal Arti Bekisting

Apa artinya bekisting? Istilah yang dipakai dalam dunia arsitektur ini merujuk pada cetakan saat menciptakan pondasi pada bangunan. Cetakan ini berfungsi menjaga struktur dan kerapian bangunan.

Misalnya, anda akan membangun sebuah rumah maka dibutuhkan tiang penyangga sebagai bentuknya. Biasanya bekisting ini termasuk proses terakhir, sebelum dilakukan pengecoran.

Jika pemasangan rangka dan pengecorannya sudah selesai, maka bekisting ini bisa dilepaskan dan proses membangun fondasinya telah selesai.

Fungsi dari Bekisting

Setidaknya ada kurang lebih tiga fungsi dari bekisting yang berguna dalam proses membangun sebuah bangunan. Apa sajakah?

  1. Untuk pondasi

Pertama, bekisting merupakan cetakan saat proses pembuatan fondasi bangunan. Cetakan ini harus dipasang sempurna demi menciptakan bentuk yang pas dan bangunan kokoh.

  1. Sebagai pilar atau tiang

Selanjutnya bekisting ini berfungsi sebagai pilar atau tiang bangunan. Bekisting tetap bisa dibentuk mengikuti kebutuhan konsumen, baik meninggi atau memanjang.

  1. Pijakan sementara

Sudah jadi rahasia umum bahwa menciptakan suatu bangunan merupakan proses panjang yang tidaklah mudah, maka dalam proses ini dibutuhkan alat penunjang seperti bekisting.

Biasanya bekisting yang digunakan sebagai pijakan ini diperlukan saat menciptakan bangunan yang tinggi. Alat ini pun lebih memudahkan pekerja selama proses pembangunan berlangsung.

Pemanfaatan Kayu Balok Bekisting

Sejak zaman dahulu kayu sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya jual kayu bekisting. Material ramah lingkungan ini juga termasuk penopang bangunan yang kuat, awet, dan mudah ditemukan.

Berikut ini mengapa kayu bekisting digunakan dalam  bangunan :

  • Harganya murah

Salah satu manfaat sekaligus alasan mengapa kayu sering dipilih sebagai bekisting adalah karena harganya yang sangat murah. Dan banyak yang jual kayu bekisting untuk harga kayu bekisting dengan kualitas yang baik

Rata-rata sebatangnya bisa dijual mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000 per Batangnya.

  • Tak sulit ditemukan

Fakta menariknya, kayu adalah material yang mudah ditemukan dan penggunaannya pun tidak mengharuskan pada satu jenis saja.

Karena anda bisa menggunakan jenis kayu apapun, maka hal ini memudahkan pekerja mencari kayu bekisting di manapun. Salah satu jenis kayu yang banyak dipakai adalah kayu sengon.

Di balik kelebihan yang ada pada kayu untuk bekisting, tetap ada kekurangannya yaitu dari segi pemakaian. Pasalnya, anda hanya bisa menggunakan kayu ini satu kali saja. Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk bekisting dapat juga menggunakan kayu racuk yang memiliki harga kayu racuk yang lebih tinggi dari kayu bekisting/ kayu proyek.

Setelah kayu digunakan, material ini sudah tidak bisa dijadikan cetakan, sehingga anda harus mengeluarkan kocek tambahan meski harganya terjangkau.

Kayu memang memberi kemudahan dalam proses pembangunan, ya. Semoga bermanfaat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *